Khasiat Gymnostermma

Thursday, March 27, 2008

Gymnostemma dipercaya secara luas mempunyai manfaat kesehatan antara lain: memperlambat penuaan dini, menghambat pikun pada semua usia, dan terutama menghambat kerentaan; mengurangi kelelahan, meningkatkan stamina; mengurangi kekurangan oksigen pada tempat yang sangat tinggi; meningkatkan pencernaan; meningkatkan daya ingat; dan meningkatkan fungsi seks. Gymnostemma juga dipercaya dapat membantu menenangkan kegelisahan dan mengurangi perasaan sakit. Gymnostemma secara umum memperkuat kesehatan secara keseluruhan dan mempunyai efek anti kelelahan yang kuat. Gymnostemma juga digunakan sebagai cure-all. Masyarakat lokal yang memanfaatkan, membudidayakan, dan mengkonsumsi gymnostemma, secara sederhana menyebutnya sebagai “rumput ajaib”.

Beberapa studi di Jepang mengindikasikan bahwa gymnostemma mempengaruhi sistem saraf pusat. Gymnostemma mempunyai calm effect ketika terlalu bergairah, dan mempunyai stimulating effect ketika sedang terdepresi. Studi yang lain menunjukkan bahwa gymnostemma secara klinik bermanfaat pada beberapa kondisi mental dan syaraf, termasuk depresi ringan, kegelisahan, dan schizophrenia. Di Cina, gymnostemma digunakan untuk sebagai anti inflamasi, menyembuhkan batuk, mengeluarkan dahak (expectorant), dan perawatan bronkhitis kronis.

Gymnostemma mengandung beberapa asam amino, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk selenium, magnesium, seng, kalsium, besi, kalium, mangan, dan fosfor.

Gymnostermma telah mempunyai reputasi yang cukup baik di Asia dalam hal program pengontrolan berat badan. Gymnostermma mempunyai aktivitas ganda dalam mengontrol berat badan yaitu disamping membantu menurunkan berat badan bagi orang yang kegemukan juga berperan sebagai body builder bagi orang yang terlalu langsing. Sebagai diet herbal Gymnostermma membantu mempercepat metabolisme tubuh, membantu penyesuaian gula darah dan mengurangi lemak darah. Penyesuaian gula darah dan lemak darah merupakan langkah kritis dalam memperoleh fungsi metabolik yang sehat untuk mengurangi dan menambah berat badan.

Gymnostermma dapat memperkuat sistem imun manusia. Gymnostermma digunakan untuk meningkatkan respon imun dan dalam perawatan beberapa macam kondisi infeksi.

Beberapa studi aktivitas anti kanker Gymnostermma menunjukkan penghambatan yang sangat signifikan ( 20-80% ) pada kisaran sel kanker yang luas. Studi yang intensif mengarah kepada aktivitas anti kanker dan potensinya sebagai pelindung sistem imun (prophylactic agent) bagi individu dengan sistem imun yang lemah. Riset terbaru mengindikasikan bahwa Gymostermma dapat mencegah sel untuk menjadi kanker.

Fungsi utama dari Gymnostermma diantaranya sebagai adaptogenik, antioksidan, imun modulator, anti imflamasi, anti bisul, penguat pernafasan, regulator platelet, anti hiperlipidemik, regulator kolesterol, anti obesitas, pelindung hati, penurun trigliserida, pencegah kardiovaskuler, anti trombik, penghambat penuaan dini.

Gymnosterma mengandung lebih dari delapan puluh gypenoside yang berbeda. Gypenoside merupakan komponen saponin yang terdapat tanaman. Gypenoside mirip dengan ginsenosides pada Panax ginseng dan eleutherosides pada Radix acanthopanax (ginseng Siberia). Dalam kenyataannya, empat dari saponin Gymnostermma memiliki struktur kimia yang sama persis dengan saponin yang ditemukan pada ginseng dan lebih dari delapan belas saponin Gymnostermma memiliki struktur kimia yang identik dengan saponin ginseng.

0 comments: